5 Cara Optimasi SEO Blog Paling Mudah

5 Cara Optimasi SEO Blog Paling Mudah

5 Cara Optimasi SEO Blog Paling Mudah. Salah satu bekal optimasi blog agar tampil dihalaman pertama search engine adalah menggunakan teknik SEO. SEO adalah suatu proses membangun blog / website dan konten yang ada di dalamnya agar mampu bersaing diSERP dengan tujuan mendapatkan pengunjung yang banyak melalui klik yang dilakukan pengguna internet.

http://ghan-noy.blogspot.com/2016/12/5-cara-optimasi-seo-blog-paling-mudah.html

Di dalam seo dikenal teknik seo on page dan seo off page. Dari kedua faktor ini yang paling utama dilakukan adalah seo onpage (teknik optimasi dari dalam website / blog). Seo off page juga penting, tetapi harus menunggu sampai konten / artikel yang dipublikasikan sudah cukup banyak. Kalau artikel masih sedikit peluang optimasi seo off page blog seringkali mengalami kegagalan.

Di luar sana tersebar berbagai cara optimasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan peringkat blog disearch engine. Tentu saja tidak semua cara boleh dilakukan oleh pemilik blog.  Anda harus berhati – hati memilih teknik yang benar sebab search engine Google paling benci dengan cara yang ilegal dan tidak jujur. Jika Anda ketahuan melakukan kecurangan maka google tidak segan – segan membuang situs Anda dari search engine.

Sebenarnya optimasi SEO yang aman dan legal bisa bersaing di SERP (baca : Pengertian SERP Dan Kunci Tampil di SERP). Cara ini mudah dipraktekan karena merupakan dasar seo yang paling sering dilakukan oleh para blogger.

5 Cara Optimasi SEO Blog Paling Mudah

 1.  Penggunaan template blog
Sebelum Anda mengunakan template sebagai background yang akan menampung konten Anda usahakan Anda memilih yang tepat. Pilihlah template yang dibuat menggunakan seo friendly terhadap search engine. Usahakan juga tampilannya simple dan waktu loading yang cepat. Anda bisa mencari disearch engine melalui situs penyedia template baik gratisan maupun berbayar.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan 2 meta tag yaitu meta keyword dan meta descripsion pada kode html blog agar lebih seo friendly. Kedua meta ini sangat penting agar blog yang Anda buat mudah terbaca oleh search engine. Caranya Anda menambahkan kode seperti ini
<meta content='NAMA KEYWORD ANDA' name='keywords'/>
<meta content='DESCRIPTION BLOG ANDA' name='description'/>
Anda isi nama keyword dengan nama situs anda, kategori, topik atau hal yang berhubungan dengan isi blog anda. 

Untuk description silahkan isi dengan penjelasan ringkas tentang blog anda.

Usahakan keyword dan description masing – masing tidak lebih dari 150 karakter. Letakan kedua meta tag di atas header (</head>) pada kode html blog anda.

2.  Menggunakan canonical url
Ketika menulis konten maka kita ingin url konten dapat dengan mudah dibaca oleh search engine. Canonnical url memungkinkan search engine mengambil url unik konten yang telah ditandai tag “canonical” sebagai versi resmi / menurut undang – undang dan benar yang berasal dari alamat blog / website kita.

Canonical akan memudahkan search engine membaca url unik konten dari sebelumnya yang masih berupa kode – kode sehingga dengan merubahnya akan lebih seo friendly terhadap search engine. Contoh seting canonical url dengan judul konten ‘Tips Mudah Belajar Seo Bagi Pemula’
http://example.blogspot.com/p/blog_page_13.html
http://example.com/?p=187
Url di atas kita seting agar canonical url sehingga menjadi di bawah ini
http://example.blogspot.com/2015/07/tips-mudah-belajar-seo-bagi-pemula.html
http://example.com/tips-mudah-belajar-seo-bagi-pemula.html atau
http://example.com/2015/07/tips-mudah-belajar-seo-bagi-pemula.html
oleh karena itu anda sebaiknya menggunakan link laman blog yang diikuti judul dari konten. Jangan biarkan terpotong dan jangan menambahkan kata dari judul tersebut terlalu panjang. Kalau link sangat panjang seo akan kurang maksimal. Usahakan ringkas, tetapi tepat sasaran. Dimata search engine.

3.  Mendaftarkan sitemap blog
Adalah keharusan jika blog ingin lebih mudah diindeks oleh Google untuk mendaftar di Google Webmaster Tools. Dengan aplikasi ini blog Anda akan lebih mudah dikenali oleh search engine google. Konten yang Anda publikasikan pun akan lebih cepat diindeks tanpa harus berhari – hari. Bahkan dalam hitungan menit konten Anda akan bisa tampil di search engine.

4.  Menambahkan widget penting
Unsur terpenting dari website yang ada di halaman SERP adalah kemudahan untuk menjelajahi website tersebut. Blog yang memberi kemudahan pembaca untuk menjelajahi situs lebih diperhitungkan oleh search engine. Logikanya ketika Anda mengunjungi sebuah situs dan Anda kesulitan mengetahui isi apa saja yang ada di situs tersebut Anda pasti tidak akan mau berlama – lama di situs tersebut.

Beberapa widget yang perlu Anda tambahkan antara lain widget popular post, related post,  menu navigasi, sosial media dan lain – lain. Widget tersebut dapat menambah nilai relevansi dimata search engine berdasarkan topik dan judul blog Anda.

5.  Melakukan riset keyword
Agar blog cepat mendapat respon yang baik di SERP konten yang dibuat haruslah mengandung riset keyword yang baik dan benar. Konten menjadi pilar utama sebuah blog untuk bersaing di search engine. Oleh karena itu sebaiknya Anda meriset keyword konten yang akan Anda tulis. Jangan membuat konten dengan persaingan sangat tinggi karena itu ladangnya perusahaan atau website dengan tim profesional. Buatlah konten dengan persaingan rendah, tetapi menyasar ke pembaca langsung dengan longtail keyword ( Baca : Keuntungan Longtail Keyword Untuk Blog ).

Itulah 5 Cara Optimasi SEO Blog Paling Mudah Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0 Comments